Mari Berdonasi Membantu Korban Badai Siklon Tropis Seroja di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur


Ayo Sahabat Peduli Bencana, kita bantu korban bencana di Rote Ndao dan sekitarnya melalui

https://invoice.xendit.co/donation/donasipedulibencanaserojarotendao

Tanam kebaikan selagi masih ada kesempatan. Caranya:

1. Klik Link https://invoice.xendit.co/donation/donasipedulibencanaserojarotendao

2. Isi Informasi Donatur dan nominal donasi

3. Klik Donasi Sekarang

4. Pilih Transfer Bank: BRI, BNI, Permata Bank, Mandiri dan Bank Lainnya (a\n. Digital Indonesia Felama)

Posko Media Peduli Bencana (Menerima dan Menyalurkan Donasi): Kantor Berita ROOL News, Jl. Nusaklain, Kelurahan Mokdale, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, 85914

Kontak : 08113813480 (Info Rote) • 081236220333 (Rote TV) • 082236455000 (VNews/Frejo) • 082247082148 (ROOL)


Duka tengah dialami warga di Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan sekitarnya. Pasalnya, Badai Siklon Tropis Seroja melanda sejumlah daerah di Rote Ndao dan sekitarnya pada Sabtu (3/4).

Hujan disertai angin kencang tersebut menyebabkan Banyak pepohonan yang tumbang mengenai rumah dan memutuskan jaringan kabel PLN, bahkan tiang listrik tumbang, sehingga listrik dipadamkan untuk mengindari kejadian yang tak diinginkan. Listrik padam sejak Minggu malam, dan jaringan telepon dan internet juga terputus.

Para korban ini membutuhkan bantuan kita semua. Bantuan seperti makanan, air bersih, dan lain-lain.

Akibat dari  badai siklon Sanggu Anin yang sudah berlangsung sejak tanggal 3 s.d 5 April 2021 yang menyebabkan berbagai kerusakan di 112 desa dan 7 kelurahan termasuk penduduk di pulau Ndao, Nuse, Nusamanuk, Landu Thie (desa Landu, kecamatan Rote Barat Daya) dan pulau Usu di Kabupaten Rote Ndao dengan total dampak kerusakan akibat badai siklon tropis ini diperkirakan mencapai Rp. 112.384.400.000 (data Posko Tanggap Bencana Sangu Anin)

Terdapat 2 korban jiwa meninggal yang terdata sejauh ini di kecamatan Rote Barat Laut dan Rote Selatan.

Sejauh ini diperkirakan total kerusakan mencapai 1190 rumah dan 20.000 jiwa di 119 desa/kelurahan. Dengan jumlah rumah per desa bervariasi dari 5-50 desa. Contoh di Desa Fuafuni di Kecamatan Rote Barat Daya telah terdata dengan kerusakan hingga mencapai 36 rumah.

Selain itu terdapat kerusakan pada sawah di Rote Ndao mencapai 1800 hektar.

Jumlah pengungsi yang terdampak bencana mencapai 1000 orang yang tersebar di 7 (tujuh) desa hingga laporan ini dikeluarkan, yakni di desa Papela, Oelasin, Bebalain, Daudolu, Oesosole, Kelurahan Namodale dan Kelurahan Mokdale (dusun Kandale).

Terdapat lebih dari 200 unit perahu (lampara) yang telah rusak dan hilang dengan nilai minimal masing-masing di atas Rp 100.000.000 per perahu. Total kerusakan hingga Rp 2.000.000.000. Di pulau Ndao, kecamatan Ndao Nuse, hingga saat ini terdata 22 lampara yang hilang.

Dermaga di Ba’a juga rusak dan tidak dapat melayani kapal yang masuk ke Rote melalui pelabuhan Ba’a.

Kerusakan yang tak terhitung pada fasilitas umum yang turut terdampak antara lain: dermaga, jalan, jembatan, bangunan pemerintah, jaringan listrik dan jaringan telpon yang terputus, irigasi, pepohonan.

Untuk jaringan listrik sampai saat ini masih padam akibat kerusakan yang cukup parah pada jaringan kabel listrik hampir di seluruh wilayah Rote Ndao dan sedang dilakukan perbaikan oleh petugas PLN sedangkan jaringan Telepon dan internet juga belum stabil.